Monday, October 8, 2018

Persaingan Tenaga Kerja Lokal dan Asing

Pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) membuat tenaga kerja Indonesia akan bersaing ketat dengan tenaga kerja asing.
MEA ini akan lebih dibanjiri oleh tenaga kerja yang terampil. Bagi perusahaan untuk bersaing di kancah bisnis mereka akan berusaha mengoptimalkan sumber daya manusia (SDM) untuk menunjang hasilnya bisnis.
Mereka tidak melihat lagi dari mana asal negara sumber daya manusia (SDM) yang mendukung bisnisnya. Pilihan untuk tenaga kerja itu tidak harus mengambil dari lokal. Bisa saja diambil dari negara lain, asalkan memenuhi kriteria kebutuhan korporasi.
Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dakhiri mengatakan, peningkatan produk Indonesia di pasar regional dan global dapat mendorong efisiensi produksi dan peningkatan pangsa pasar Indonesia.
Menurut politikus PKB itu, MEA tidak lagi bersaing untuk memperebutkan wilayah (territory) atau pengaruh (influence), tetapi pasar yang memegang peran penting.
”Salah satu manfaat MEA bagi Indonesia yaitu ASEAN menjadi tujuan ekspor produk Indonesia dan sumber impor barang modal industri Indonesia, memperlancar arus barang, jasa, modal serta investasi,” ujar M Hanif Dhakiri, dilansir Indopos (Jawa Pos Group), Rabu (2/3).
Hanif  menuturkan, MEA bagian untuk membangun ekonomi kerakyatan. Caranya adalah mengoptimalkan potensi sumber daya lokal untuk peningkatanproduktivitas nasional.Solusi tantangan SDM, masih ujar Hanif dengan meningkatkan komitmen pemerintah, swasta dan akademisi untuk menjadikan pendidikan pelatihan kerja sebagai sarana peningkatan kompetensi dan daya saing SDM Indonesia.
Dikatakannya percepatan implementasi SDM berbasis kompetensi dilakukan melalui pengembangan SKKNI di semua sektor, peningkatan kapasitas dan kualitas lembaga pelatihan, perkuatan lembaga sertifikasi dan rekognisi kompetensi kerja.
Menurutnya, penguatan investasi SDM dapat melalui pendidikan formal dan pelatihan kerja. ”Kunci keberhasilan adalah penguatan akses dan mutu pendidikan formal dan pelatihan kerja,” ungkapnya. (nas/iil/JPG)

https://www.jawapos.com/nasional/humaniora/02/03/2016/mea-persaingan-antara-tenaga-kerja-lokal-dengan-tka

No comments:

Post a Comment